V I S I T O R S

Cina - China - Tiongkok ??

Suka bingung ya harus menyebutkan yang mana?
Atau jadi rancu, yang bener yang mana sih?
Sejarahnya panjang ya memang. 
Berawal dari ribut-ribut yang sempet happening banget
di negara kita tercinta ini, muncul lah anggapan 
kalau memakai sebutan tertentu 
berarti menjelekkan hal tersebut.

Saya yakin banget ketika saya menuliskan tulisan ini, 
pasti akan ada pro dan kontra.
Wajarlah itu. Hak setiap orang kok buat menyampaikan pendapatnya.
Dan ini pendapat saya.


Saya rasa akan lebih baik bila kita memakai Cina. 
Toh nama negaranya People's Republic of China.
Bukan People's Republic of Tiongkok kan..
dan bahasa Indonesia yang baik dan benar toh ga perlu mengadopsi 
bahasa Inggris, China, kan?

Lebih lanjut, ketika masyarakat mengasosiasikan sebutan/ nama tertentu
dengan celaan atau hal yang kurang baik, 
maka jadi tidak baik lah sebutan/ nama tersebut.
Padahal, sebutan/ nama itu sendiri ga ngapa-ngapain loh.
Masyarakat yang membentuk pandangan seperti itu.
Kenapa?? Ga jelassss..

Saya menuliskan tulisan ini lebih ditujukan buat generasi muda Indonesia.
Kenapa lagi?? 
Karena kadang yang sudah memiliki pemikiran kuat agak susah dirubahnya.
Tapi harapan saya, kalau generasi yang muda ini bisa menetralkan persepsi ini,
kedepannya akan lebih baik. 
Khususnya untuk hubungan masyarakat di Indonesia.

Udah ga jamannya lah ngebeda-bedain orang. 
Satu kelompok juga beda-beda bentuk kan.
Ga ada tuh satu kelompok, satu bentuk. 
Serem amat dunia ini kalau kaya gitu.
Kembali kepada Sang Pencipta, memang dia menciptakan setiap manusia unik satu sama lain.

Berpikiran negatif akan menimbulkan hal negatif.
Jadi, berpikirlah yang positif, semua nama baik adanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar