V I S I T O R S

Gimana Biar Cepet Bisa???

Banyak orang suka bertanya-tanya,
"Kok bisa sih hafal tulisan-tulisan yang kaya cacing gitu?"
"Gimana caranya bisa ngebedain nada-nada bahasa Mandarin?"
"Cepet banget sih ngomongnya, gimana bisa belajar?"

Bener ga sih sesusah itu belajar bahasa Mandarin?
Jawabnya, tergantung....
Yang belajar serius ga? Atau kepaksa? Atau cuman iseng2?

Sejujurnya, saya sendiri berawal dari iseng aja loh,
secara waktu lulus masih dilema mau ambil jurusan apa,
jadilah yang diambil bahasa Mandarin.


Tapi pada akhirnya toh bisa lulus juga,
dan nilainya memuaskan untuk saya.

Trus gimana dong caranya biar cepet pinter??
Well, proses belajar ga ada yang instan.
Sering tuh saya dapet pertanyaan, khususnya dari orang tua,
"perlu berapa lama ya biar anak saya pinter bahasa Mandarinnya?"
Yang penting disini adalah niat dan ketekunan.

Kalau belajar menulis Hanzi a.k.a tulisan cacing itu
yang terutama adalah, ketekunan untuk sering menulis ulang huruf-huruf tsb.
Dulu saya waktu kuliah, untuk menghemat kertas, pertama-tama saya nulis pake pensil,
trus baru pake bolpen. Saking seringnya melatih menulis.

Kemudian, untuk latihan membaca Hanzi dengan cepat,
nonton film Mandarin dengan text Hanzi deh.
Dijamin hasilnya TOP! -- daripada baca buku, kalo saya yang ada malah jadi ngantukkk

Untuk kemampuan berbicara dan mendengar,
harus berani ngomong tentunya. Salah itu wajar, kalo ga mau ngomong itu baru luar biasa.
Ga ada temen bicara? Ga masalah.
Ngomong aja sendiri, ga jadi error kok... ;)

Kalo untuk listening, again, nonton film aja.
Tentunya audionya yang bahasa Mandarin ya, bukan yang Hokian atau dialek lainnya.

Silahkan mencoba!!


1 komentar:

  1. Wan'an

    Sharing'a membantu banget :)

    Sy baru belajar mandarin belakangan ini. Biarpun kt orang sulit, tapi gak bkin sy mundur buat belajar. Justru jadi tantangan tersendiri dan
    itulah yg bkin seru ^_^

    BalasHapus